Recent Comments
    Archives
    Categories
    Pages

    FAKULTAS HUKUM “ILMU HUKUM”

    1

    Fakultas hukum adalah ilmu yang mempelajari secara menditail apa itu hukum, dan bagaimana kita sebagai orang indonesia menanggapi hukum saat ini. Fakultas Hukum UMM, harus memahami problematika tersebut sebagai bagian dari upaya memberikan solusi yang terbaik atas problematika tersebut.

    Sejarah Fakultas Hukum Jurusan Ilmu Hukum:


    Pada tahun 1970 Fakultas Hukum menghentikan aktifitas kulikuler akademiknya, karena sedikitnya antusiasme minat masyarakat yang berminat menjadi mahasiswa Fakultas Hukum. Sebagaimana diketahui bahwa penyelenggaraan pendidikan Fakultas Hukum UMM sepenuhnya sangat tergantung kepada jumlah mahasiswa. Oleh karena itu ihwal penghentian aktivitas akademik Fakultas Hukum dapat dimaklumi akibat animo masyarakat menyebabkan biaya penyelenggaraan menjadi mahal.

    Pada tahun 1976/1977, titik terang mulai membersitkan harapan untuk diaktifkanya Fakultas Hukum UMM, ketika terjadi reformasi dan reorientasi baik pada tingkat koordinasi perguruan tinggi swasa (Kopertis) Wilayah VII yang berfungsi sebagai pembina perguruan tiggi swasta (PTS). Kemudian pada tingkat Universitas (UMM) yang pada tahun 1976 telah disusun rencana induk pengembangan (RIP) dan disusul kemudian pengesahan status UMM pada tahun 1977, yang kemudian disahkan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia dengan Surat Keputusan Nomor : 0721/U/77, tanggal 31 Desember 1977.


    Sumber: http://hukum.umm.ac.id/home.php?c=02020501-2


    Keunggulannya yang jelas mempunyai ruang sidang dan ruang praktek yang sangat luar dan besar. biasanya, fakultas lain juga sering melakukan acara-acara tertentu di Fakultas Hukum.

    Leave a Reply